Sabtu, 13 Februari 2016

Cerita Hidup di Lombok

2 bulan lebih gue hidup di pulau yang baru pertama kali gue kunjungi, Pulau Lombok. Jadi gue disini ada proyek dari BKKBN Prov.NTB buat melakukan pengolahan data kependudukan. Sekaligus ini pertama kalinya gue pergi jauh dari orang tua untuk waktu  yang relatif lama buat perantau baru haha.

Awal pertama gue nginjekin kaki di lombok rasanya seneng banget, biarpun panas tapi ga ngilangin rasa seneng gue tiba di pulau yang epic ini. Dari bandara sampe kantor bkkbn berjejer sawah, brugak, sapi-sapi di  sepanjang jalan. Norak gitu ya.. Gue tinggal di Jakarta yang boleh dibilang kalo mau liat langit harus nongak keatas. Di lombok  menatap kedepan aja udah langit. Maksud gue lombok tuh lapang banget. Dijakarta lo gampang liat rumah bertingkat-tingkat, disana bukannya ga ada, ada tapi penduduk mereka kan ga sebanyak di Jakarta jadi perumahan juga ga ngambrak kaya dijakarta. Begitulah kurang lebih.

Sawah, bukit, gunung, pantai semua ada di lombok. Ga percaya? Coba mampir.. Ga nyesel. Dijamin! Sebelum dateng ke lombok gue suka nanya-nanya sama temen gue yang kampung nya di bima dan beberapa temen gue yg udah pernah ke lombok. Katanya biaya hidup mahal, lebih mahal dari jakarta. ternyata ga sama sekali.. Rata-rata mereka yang main ke lombok tuh mau liburan, bukan menetap untuk beberapa lama. Kalo liburan jelas mereka tinggal di kawasan liburan. Ya pasti mahal makan, minum belum wisata nya. Gue pernah ke gili trawangan pesen makanan pasta gitu harganya setara cafe di Jakarta, sepiring 40ribuan, belum sama minum hehe.

Gue tinggal dirumah dinas kota mataram didepan universitas saraswati. Makanan disana murah-murah kok. Beli nasi bungkus Rp.7000 bisa dapet suir suiran ayam pedes dll. Kaya nasi rames kalo dijakarta. Makanan disini hampir semuanya pedes. Jadi buat yang ga suka pedes pinter-pinter pilih makanan. ‘ga pedes’ nya mereka tuh ‘pedes’ nya gue. 2 hari diare. Mayan kan

Oh iya disini, di kota mataram banyak banget anjing (norak ya kaya ga pernah liat anjing) hahaha. Kata orang sananya sih kebanyakan yang pelihara orang bali. Karena disana banyak juga orang bali yang bermukim di lombok. Jadi dijalan-jalan tuh suka banyak dupa, biasanya didepan toko atau rumah. Bukan dupa aja, orang hindu disana masih lumayan kental adatnya. Jadi kalo pagi dan sore mereka upacara. Terus di keningnya pake beras, ditelinga nya pake bunga kadang dikendaraannya juga dihias bunga-bunga. Mereka percaya itu bisa melindungi diri mereka.

Oh iya lombok tuh termasuk kawasan sepi. Karna emang masih asri banget suasananya. Rumah satu sama lain masih ada yang jaraknya berjauhan. Sebagian besar kawasan lombok  kalo udah jam 10 malem tuh udah sepi. masyarakat disana juga masih menjunjung adat lombok sendiri. Jadi kalo cewe pulangnya udah agak telat langsung ada omongan miring  dari tetangga-tetangga. Ga dimana-mana si ya. Jakarta juga dulu begitu.

Kata orang Lombok, kalo udah dilombok nanti ga mau pulang.. gitu, ternyata bener. Begitu gue udah sampe jakarta beberapa hari kemudian udah mau ke lombok lagi. Pulang ke Jakarta Cuma kangen keluarga haha. Kangen tempat rekreasinya sih sama masyarakat sananya juga ramah-ramah, baik, cewenya pinter masak wkwk. Udah punya niatan sih kalo ada kesempatan mau kesana lagi. Lengkapin wisata alam yang belum sempet dikunjungin kemaren. Buat yang mau Honey Moon.. pilih deh Lombok. Ga nyesel haha